Friday, February 8, 2008

Portland Cement

Material ini memiliki peran yang amat penting pada pemakaian bahan bangunan, terutama beton. Campuran pasir, batu pecah, air, dan semen akan menghasilkan beton. Pada saat anda akan membangun rumah, beton akan menjadi salah satu alternatif utama untuk digunakan pada pondasi, kolom, balok, lantai, maupun atap. Pemakaian semen lainnya selain beton adalah bahan plesteran atau mortar, yang dapat digunakan pada sambungan bata, plesteran dinding, maupun untuk pemasangan keramik.
Beberapa jenis semen yang biasa diproduksi oleh pabrik adalah sebagai berikut:

Semen Tipe I
Semen tipe ini umum digunakan pada pekerjaan bangunan yang tidak memerlukan spesifikasi khusus. Semen ini amat mudah ditemui di pasaran dan semua pabrik memproduksi semen tipe ini.

Semen Tipe II
Semen tipe ini sering digunakan pada saat pengecoran dalam jumlah amat besar, misal pondasi blok tower high rise building maupun pengecoran bendungan dan pondasi jembatan.

Semen Tipe V
Semen tipe ini digunakan untuk beton pada lingkungan yang berair dan mengandung sulfat lebih dari 2%. Konstruksi yang biasa menggunakan semen ini adalah bangunan limbah pabrik, pengecoran beton di bawah air laut, terowongan, dan dermaga.

Super Masonry Cement
Semen ini digunakan untuk pembuatan rumah, jalan, dan irigasi di mana kekuatan beton maksimal K-225. Super MAsonry Cement juga dapat digunakan sebagai bahan baku batako, paving blok, dan bahan bangunan lainnya.

Super Portland Pozzolan Cement
Penggunaan secara luas pada pengecoran dalam jumlah besar dan yang memerlukan ketahanan sulfat (pada bangunan laut atau di daerah rawa), konstruksi yang perlu kedap air, pengikat bata, dan plesteran dinding.

Oil Well Cement Class G-HSR (High Sulfate Resistance)
Semen tipe khusus ini digunakan pada sumur minyak dan gas di bawah tanah atau di laut. Dengan menambahkan beberapa bahan tambahan (additive), semen ini akan dapat digunakan pada berbagai kedalaman dan temperatur.

4 comments:

  1. Salam Kenal Mas Muchsin, Saya Anto dari Cirebon, saat ini bermaksud ingin merenovasi rumah. Mengingat tingginya harga semen saat ini, saya mendapat tawaran untuk menggunakan semen padang portland pozzolan, yang harganya di bawah portland cement (holcim maupun indocement). Pertanyaannya apakah semen PPC cukup kuat/bagus untuk bangunan rumah tinggal? PEnggunaan PPC untuk apa saja?
    Rumah saya hanya 1 lantai dengan konstruksi menengah. Terima Kasih sebelumnya (Anto, anto.pramono@gmailcom)

    ReplyDelete
  2. Salam kenal juga Mas Anto. Saat ini memang produsen semen cukup gencar memasarkan semen pozzolan kepada masyarakat umum. Berbeda dengan semen portland biasa, semen pozzolan ini memiliki kandungan fly ash (abu batu) di dalamnya). Komposisi bahan ini tentu saja mengakibatkan kekuatan yang dihasilkan menjadi lebih rendah. Namun jangan khawatir untuk menggunakan semen ini, untuk bangunan hingga dua tingkat semen ini masih bisa digunakan, mengingat bangunan rumah tinggal tidak pernah menggunakan beton dengan kekuatan di atas 250 kg/cm2. Selain rumah tinggal, semen ini juga digunakan di proyek irigasi yang tidak membutuhkan kekuatan beton yang tinggi. Selamat merenovasi.......

    ReplyDelete
  3. Salam kenal juga Mas Muchsin, nama saya Andri. Saya berminat ingin membangun rumah di daerah Karawaci, Tangerang. Adapun spesifikasi tanah saya adalah 8 * 18 M. Saya berencana untuk membangun 2 1/2 tingkat rumah dengan luas2 kira 140 M2. Nah, karena sekarang bahan bangunan udah mahal banget, saya ingin ngitung estimasi bahan bagunan yang akan dipakai. Misalnya, kita butuh besi berapa banyak, semen berapa zak, dsb. Mohon dibantu mas. Terima kasih sebelumnya (Andri, a.tanuwijaya@yahoo.com)

    ReplyDelete
  4. Salam knal juga,
    Saya ingin membeli semen portland pozzolan di area yogyakarta, kira2 merk apa (distributor) yang ada disana dan untuk kuantitas pembelian kecil bs tdk?
    klo untuk semen super portland pozzolan, kira2 sudah ada di indonesia apa merk apa?

    mohon informasinya, terima kasih

    ReplyDelete