Friday, February 8, 2008

PINTU: Fungsi

Apa yang akan kita lakukan pada saat kita tiba di depan rumah seorang teman? Tentu mencari pintu masuk. Apa yang akan kita lakukan apabila kita ingin mendapatkan privasi pada ruang tidur kita? Menutup pintu tentunya. Dan apa yang akn kita lakukan apabila kita ingin mencegah tamu tak diundang masuk ke dalam rumah? Pasti mengunci pintu. Beberapa pertanyaan tersebut merupakan hal yang terkait dengan fungsi pintu pada bangunan. Berikut penjelasan dari fungsi pintu:

PENGHUBUNG
Fungsi ini terkait dengan aktifitas masuk atau keluar banguan / ruangan. Pintu depan merupakan penghubung utama untuk memasuki sebuah rumah. Pintu kamar mandi merupakan penghubung untuk memasuki ruangan yang memiliki tingkat privasi tinggi.

PEMBATAS
Terdapat lebih dari dua atau tiga ruangan dalam sebuah rumah. Tiap ruangan memiliki fungsi sendiri-endiri yang membuatnya beda dengan ruangan yang lain. Ruang keluarga, ruang makan, dapur, ruang tidur, dan kamar mandi memiliki fungsi sendiri-sendiri. Sebuah pembatas, yang dapat diwakili oleh pintu, perlu dihadirkan untuk tiap ruangan.

KEAMANAN
Keamanan sebuah rumah merupakan salah satu fungsi penting dari pintu dan jendela. Keamanan di sini diartikan aman dari tindak kriminal yang terjadi karena tamu tak diundang masuk ke dalam rumah. Keamanan pintu dan jendela akan ditentukan dari bahan pintu / jendela maupun kualitas sistem kunci.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment