Friday, February 8, 2008

DOOR AND WINDOW: Material

Estetika sebuah gedung dapat diperlihatkan dari bentuk pintu dan jendela. Untuk mendesain pintu dan jendela yang menarik, pemilihan bahan haruslah dipertimbangkan dengan hati-hati. Kayu dan aluminium merupakan bahan yang umum digunakan, meskipun beberapa pilihan bahan yang lain juga cukup menarik, seperti kaca, PVC, atau kombinasi dari beberapa bahan tersebut. Di bawah ini akan ditampilkan pengetahuan tentang bahan-bahan yang dapat digunakan dalam mendesain pintu dan jendela.


KAYU
Kayu merupakan bahan yang paling populer untuk pintu dan jendela. Bahan ini dapat menampilkan kesan alami dan estetis. Kayu solid atau plywood (kayu lapis) dapat diaplikasikan pada desain anda. Tampilan pintu dan jendela akan makin sempurna apabila bahan kayu yang digunakan telah dioven kering. Beberapa kelemahan yang sering dihadapi pada bahan kayu adalah daya tahan yang kurang terhadap jamur, rayap, dan cuaca.

ALUMINIUM
Bahan ini cukup banyak diaplikasikan pada bangunan modern, seperti bangunan perkantoran dan apartemen. Kesan modern selalu terkait dengan pemakaian aluminium sebagai bahan pintu dan jendela. Pemakaian yang umum dari bahan aluminium adalah dengan melakukan kombinasi dengan kaca, di mana aluminium menjadi bahan frame atau rangka dari pintu / jendela. Warna dasar dari bahan aluminium adalah silver, namun saat ini telah berkembang dengan munculnya aneka pilihan warna dari beberapa pabrikan.

PVC
Pemakaian bahan PVC pada awalnya sebagai bahan pintu kamar mandi, rangka dan daun pintu. Tahan air, ringan, bebas karat, bebas rayap, merrupakan beberapa keunggulan dari bahan ini. Saat ini, bahan PVC juga banyak diaplikasikan sebagai frame dari pintu dan jendela, sebagaimana bahan aluminium.

KACA
Pintu kaca cukup banyak digunakan pada bangunan mall atau shopping center. Dengan perkembangan teknologi kaca yang cukup pesat, jenis kaca transparan bukanlah menjadi satu-satunya pilihan. Sandblast dan decorative art glass dapat dipertimbangkan untuk mempercanti penampilan bangunan anda.

KOMBINASI BAHAN
Kreativitas untuk melakukan kombinasi bahan pada desain pintu dan jendela akan meningkatkan nilai bangunan. Kombinasi ini dapat berupa bahan kayu dan kaca, aluminium dan kaca, atau PVC dan kaca.

1 comment:

  1. How do you select the right doors and windows for your home? There are a few different kinds of materials available, and are best for different needs. Please visit my site for more details.

    Rolling Gates NYC

    ReplyDelete