Friday, February 8, 2008

JENDELA: Fungsi

Jendela merupakan salah satu bagian dari bangunan yang memiliki beberapa fungsi. Tidak hanya fungsi ventilasi udara, jendela juga berfungsi sebagai penghubung ke pemandangan di luar bangunan. Desain jendela yang menarik akan meningkatkan citra visual sebuah bangunan. Kayu dan aluminium merupakan pilihan bahan yang akan dipertimbangkan dalam merencanakan jendela. Pertimbangan lain adalah desain bentuk dan ukuran. Beberapa pertimbangan tersebut tentunya harus melihat tujuan dan fungsi dari jendela tersebut. Ada tiga fungsi utama dari jendela sebagai berikut:


PENCAHAYAAN
Jendela dapat menyediakan cahaya alami dari sinar matahari pada pagi dan siang hari. Hal ini dapat terjadi cukup dengan membuka daun jendela atau membuka tirai pada jendela kaca. Pencahayaan alami dapat ditentukan dari lokasi, jumlah, ukuran, dan bentuk jendela. Selain desain jendela, pencahayaan yang optimum didukung oleh pemilihan warna cat interior yang dapat memantulkan dan mendistribusikan cahaya dari luar bangunan ke dalam ruangan. Desain jendela yang baik dapat menyediakan cahaya alami yang memadai tanpa menimbulkan kenaikan temeperatur dalam ruangan akibat cahaya matahari.

VENTILASI UDARA
Ada kalanya terdapat perbedaan temperatur di luar dan di dalam ruangan. Jendela berfungsi sebagai jalan sirkulasi udara pada kondisi tersebut. Sirkulasi udara ke dalam ruangan dikategorikan sejuk apabila kecepatan udara dalam ruangan berkisar antara 0.1 - 0.5 meter per detik. Lokasi yang baik dan desain bukaan jendela akan membantu kita dalam menciptakan sirkulasi udara yang baik.

ARCHITECTURE ACCENT
Sebuah bangunan yang hanya terdiri dari dinding massive tentunya tidak enak dipandang. Kehadiran jendela akan meningkatkan keindahan bangunan, terlebih lagi dengan pemilihan warna yang serasi antara dinding dan jendela. Bentuk jendela yang tinggi dan langsing akan menampilkan kesan besar pada bangunan yang kecil. Kesan dinamis pada bangunan juga dapat diciptakan dari kombinasi bentuk bulat dan kotak pada jendela. Architecture accent juga muncul dari pemilihan bahan jendela. Bahan aluminium akan menampilkan kesan modern, sedangkan bahan kayu akan menampilkan kesan etnik.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment